Refleksi

Paket Lengkap Misteri Kehidupan

Saya percaya tidak ada perpisahan dua insan yang yang berlangsung selamanya. Karena pada masanya nanti, setiap orang akan kembali di pertemukan.

· 52 sec read >
Perjumpaan dan Perpisahan

Ketika kita mengira akan berpisah dengan seseorang untuk waktu yang sangat lama, beberapa bulan, atau bahkan minggu setelahnya, kita berjumpa dengannya. Begitu saja. Sebaliknya, ketika kita mengira akan bertemu dengan seseorang tak lama setelah mengucap salam, nyatanya kita tidak pernah lagi bertemu dalam jangka yang lama, atau bahkan selamanya.

Perpisahan, tak jarang menjadi momen yang dibenci orang. Berkebalikan dengan perjumpaan, yang biasanya diiringi dengan kebahagiaan. Tapi tidak untuk saya, tidak ketika saya tahu bagaimana sakitnya perpisahan. Mungkin, itu adalah salah satu alasan mengapa saya cukup membatasi diri dengan sesuatu yang disebut perjumpaan, yang membuat saya kerap dipandang kurang pergaulan.

Terlepas dari itu semua, saya percaya bahwa setiap perjumpaan dan perpisahan memiliki suatu tujuan. Dan oleh karenanya, saya berusaha keras untuk terus maju, mengabaikan rasa sakit yang nyatanya kerap gagal saya tampik. Apa yang kini membuat saya tegar, menghadapi perpisahan demi perpisahan hanyalah sebuah keyakinan: bahwa sakit yang kita rasakan setidaknya mengajarkan arti kesabaran.

Lebih dari itu, ada banyak pendewasaan yang kita dapatkan jikalau kita benar memahami tujuan kehadiran suatu insan. Karena pada dasarnya, baik perjumpaan, kehadiran dan perpisahan adalah satu paket lengkap misteri kehidupan yang terkadang sungguh membingungkan.

Kreta Amura

Tidak ada perjumpaan dan kebersamaan yang bersifat kekal, sebagaimana sifat usia yang fana. Sebaliknya, saya juga percaya tidak ada perpisahan dua insan yang yang berlangsung selamanya. Karena pada masanya nanti, setiap orang akan kembali di pertemukan. Entah melalui jalinan takdir yang kembali bertaut, atau setidaknya dalam sebuah sarasehan bersama tuhan di penghujung kehidupan.

Peran Penting Perpustakaan bagi Peradaban

Saya dan Perpustakaan

Kreta Amura in Refleksi
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *