Post Article

Pertama-tama, www.kretaamura.com bukanlah sebuah platform berbagi cerita seperti medium ataupun sejenis sosial media yang secara dinamis, masif dan otomatis melakukan publisitas terhadap berbagai jenis konten yang dibuat oleh para penggunanya.

Akan tetapi, saya memberikan kesempatan bagi para Blogger, pembaca ataupun masyarakat secara luas untuk berkontribusi, mengirim dan menuliskan artikel melalui fitur Guestpost.

Apa itu Guest Blogging?

Guest blogging adalah sebuah aktivitas menulis blog, dimana platform publikasi yang digunakan merupakan blog orang lain, alih-alih blog sendiri. Sebagai ilustrasi, jika saya adalah seorang pembicara, maka anda adalah pembicara tamu yang akan ikut mengisi materi dalam sebuah seminar ataupun workshop.

Prosedur yang biasa dilakukan dalam sebuah guest blogging antara lain:

  1. Seorang guest blogger (anda) menulis sebuah artikel
  2. Setelah artikel selesai, ia mengirimkan tulisan tersebut kepada pemilik blog yang akan menjadi tujuan (saya)
  3. Pemilik blog (saya) akan mereview, sebelum kemudian memutuskan apakah artikel yang dikirimkan cocok dan relevan dengan sebagian atau keseluruhan konten blog.
  4. Apabila cocok, maka pemilik blog (saya) akan mempublikasikannya.

Biasanya, blog yang jadi tujuan aktivitas guest blogging adalah blog yang telah memiliki reputasi ataupun banyak audiensi. Ada banyak parameter dan tolok ukur yang bisa anda gunakan untuk menilai reputasi sebuah blog, mulai dari DA/PA-nya, jumlah dan kualitas backlink, hingga relevansi blog tersebut dengan blog yang sedang kita kembangkan.

Sebagai ilustrasi, anda bisa merujuk pada Alexa, DMOz, dan lain-lain. Akan tetapi, guest blog juga bisa dilakukan oleh dua blog yang sedang berkembang, dengan cara melakukan guest blog silang. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Mengapa Harus Melakukan Guest Blogging?

Mungkin anda bertanya-tanya, untuk apa harus repot-repot membuat sebuah konten berkualitas jika pada akhirnya konten tersebut harus diberikan dan dipublish pada blog milik orang lain secara cuma-cuma?

Pada dasarnya, guest blogging merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang. Lebih lanjut, ada banyak hal yang bisa anda dapatkan dengan melakukan guest blogging. Manfaat tersebut secara garis besar terangkum dalam tiga poin berikut ini:

1. Membangun Jaringan dengan Sesama Blogger

Untuk para blogger sendiri, aktivitas lintas blog yang biasa dilakukan hanyalah sebatas blog commenting. Akan tetapi, aktivitas tersebut di rasa membutuhkan waktu yang lama hingga benar-benar mampu mengikat atau membangun sebuah kedekatan antar-blogger.

Guest blogging adalah salah satu metode yang melibatkan interaksi yang intens dan bernilai antara dua orang blogger atau lebih. Dengan memposting satu atau dua guest post pada blog milik orang lain, kedekatan interpersonal antara para blogger secara tidak langsung akan perlahan terjalin.

2. Mendapatkan Notice dan Audiensi dari Pembaca

Umumnya, halaman pada sebuah guest post juga menampilkan informasi pribadi dari pembuat artikel. Biasanya adalah halaman blog yang mereka kelola, sosial media, atau bahkan promosi produk yang secara tidak langsung diselipkan dari sebuah artikel pada guest post.

Jika artikel yang ada kirimkan sebagai guest post sangat berkualitas dan disukai pembaca, mereka akan dengan sukarela menandai halaman anda, dan mencari tahu atau mencoba membangun kedekatan dengan penulis aslinya. Dengan begitu, anda akan mendapatkan notice yang lebih mudah, serta audiensi yang lebih luas.

3. Meningkatkan Reputasi di Mata Pembaca & Mesin Pencari

Reputasi seorang pembicara tidak akan pernah diragukan apabila pendengarnya tahu ia telah sering diundang untuk menyampaikan materi pada rangkaian acara lainnya. Hal tersebut juga berlaku untuk para blogger. Hanya saja, cara kerja keduanya mungkin sedikit berbeda.

Menjadi guest blogger akan memperkuat portfolio anda sebagai seorang blogger. Selain itu, anda juga akan mendapatkan contextual dan high quality backlink, yang mana sangat penting untuk Off page SEO pada blog yang anda kelola. Off page SEO menjadi modal utama dalam meningkatkan reputasi dan kinerja blog yang anda kelola di mata mesin pencari.


Cara Menjadi Guest Blog di Kreta Amura Official Site

Prosedurnya sebenarnya cukup sederhana, sebagaimana prosedur guest blogging yang diterapkan pada blog-blog lainnya. Namun ada beberapa syarat tambahan yang saya terapkan dan harus ditegaskan pada halaman ini.

  1. Buatlah sebuah akun melalui menu yang sudah kami siapkan. Anda bisa menemukan menu tersebut di sebelah kanan atas halaman. Masukkan informasi yang dibutuhkan dengan benar, setujui ketentuan dan kebijakan privasi, lalu anda bisa mendapatkan sebuah akun.
  2. Setelah memiliki sebuah akun, anda bisa kembali mengunjungi menu tulis artikel yang terdapat pada kanan atas halaman, atau anda bisa mereload halaman ini sekali lagi.
  3. Halaman tersebut akan memungkinkan anda untuk menulis sebuah artikel. Anda bisa langsung menulis di sana, atau cukup copy-paste dari artikel yang telah anda siapkan sebelumnya.
  4. Perlu dipahami, bahwa saya juga melakukan moderasi ataupun peninjauan terhadap artikel yang dikirimkan. Untuk mempermudah proses koordinasi dan moderasi, silahkan pahami terlebih dahulu panduan penulisan yang saya terapkan.
  5. Harap bersabar dalam menanti. Saya akan segera melakukan review dan editing sebelum kemudian menayangkannya.
  6. Dengan mengirim sebuah guest post pada blog ini, secara tidak langsung anda juga setuju untuk menayangkan guest post yang akan saya kirimkan nantinya.

Dengan adanya fitur ini, mudah-mudahan kita senantiasa bisa terhubung dan mempererat tali silaturrahmi. Tidak terbatas pada hubungan yang terjalin melalui platform digital, namun juga program-program dan kerjasama yang berlangsung secara tatap muka.

Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi saya melalui halaman ini, atau gunakan menggunakan sosial media.

This page is restricted. Please Log in / Register to view this page.

Sebelum anda mengirimkan artikel anda, pastikan untuk mengecek kembali panduan penulisan untuk mempermudah proses koordinasi dan moderasi tulisan


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kretaamu/public_html/wp-includes/functions.php on line 4979